Meski Non Muslim, Lebih Nyaman Ikut Tabungan Syariah

Saya baru mengenal produk tabungan syariah sekitar satu tahun lalu. Waktu itu, saya mencari tabungan yang tidak ada biaya administrasinya. Jujur saja, saya suka kesel kalau ngelihat di buku tabungan bank konvensional, setiap bulan biaya administrasinya bisa sampai 15 ribu rupiah. Lha coba kalau dikali satu tahun.
Sampai suatu ketika saya buka tabungan untuk di sulung, sekalian deh saya konsultasi dengan customer service di bank yang bersangkutan itu. Saya disarankan untuk membuka tabungan syariah. Kenapa? Karena tidak ada biaya administrasi. Nah, tabungan inilah yang saya cari. *simpel banget ya*

Pada prinsipnya, saya memang cuma mau menyisihkan uang untuk tabungan. Tanpa bunga pun nggak masalah. Toh, duit itu nantinya hanya untuk memenuhi kebutuhan yang mendadak atau mendesak.

Eh, tapi kan saya non Muslim. Apa bisa saya buka Tabungan Syariah?
Selama ini, saya pikir, menabung di Bank Syariah hanya untuk umat Muslim. Ternyata dugaan saya keliru. Ya, tabungan syariah terbuka untuk semua kalangan.
Akhirnya, saya buka tabungan syariah di CIMB Niaga. Prosedurnya mudah. Selain itu, fitur-fiturnya sama kok dengan tabungan konvensional lain, seperti, pemakaian ATM, transfer antar bank maupun lain bank, bahkan. Setelah hampir setengah tahun menabung di bank syariah, saya mulai merasakan manfaatnya. Saya merasa lebih aman menabung tanpa dikenakan biaya administrasi.

Ini nih tabungan syariahku

Ini nih tabungan syariahku

Karena jumlahnya sudah lebih dari 10 juta, saya ditawarkan untuk membuka deposito berjangka. Tentunya juga berprinsip syariah.

Melalui Deposito Syariah yang saya ikuti di CIMB Clicks, berdasarkan prinsip Mudharabah Muthlaqah. Jadi, kita mempercayakan CIMB Niaga Syariah (mudharib) untuk mengelola dana tersebut. Keuntungan untuk nasabah? Kita bisa menikmati nisbah atau bagi hasil dengan jumlah yang menarik. Minimal pembukaan mulai Rp 8 juta. Lumayan ringan kan.
Kita juga bisa memilih jangka waktu yang fleksibel, 1, 3, 6, dan 12 bulan.

Puji Tuhan, setelah menabung lebih dari satu tahun di tabungan syariah, saldo terus meningkat. Nah, saya aja yang non Muslim, lebih nyaman ikut Tabungan Syariah. Bagaimana dengan kamu?

Horeee...saldonya hmmm...

Horeee…saldonya hmmm…

Saya juga makin paham mengenai keuangan syariah setelah November 2014 lalu, meliput acara Indonesia Shari’a Economic Festival (ISEF). (dimuat di Jawa Pos 7 November 2014)

Tambah Ilmu

Tambah Ilmu

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus D.W. Martowardojo yang hadir di acara tersebut sangat mengapresiasi pengembangan ekonomi syariah di Indonesia. ”Pertumbuhannya sangat bagus meskipun memang hingga kini share di dalam negeri baru 5 persen. Itu adalah tantangan bagi kami semua bagaimana caranya agar bisa meningkat,” katanya.
Agus menambahkan, kerja sama dengan lembaga pendidikan, seperti, pesantren diharapkan dapat meningkatkan pengembangan ekonomi syariah. Namun, selama ini belum banyak yang berfokus pada pembentukan institusi yang mandiri secara ekonomi untuk mampu mengembangkan keuangan syariah. ’’Karena itu, kami akan mulai memberikan edukasi tentang pengembangan ekonomi syariah,’’ tuturnya.

Masih dalam rangkaian ISEF, diadakan juga seminar nasional bertema Indonesia: Kiblat Baru Keuangan Syariah Dunia. Salah seorang narasumbernya yaitu pakar ekonomi syariah Dr M Syafii Antonio MEc mengungkapkan bahwa krisis ekonomi dunia yang terjadi beberapa kali selama abad 21, memperlihatkan pada seluruh umat manusia bahwa ada kekeliruan pada sistem ekonomi konvensional. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan prinsip syariah.

Beliau juga menyebutkan bahwa perkembangan ekonomi syariah di Indonesia cukup pesat. Untuk lebih meningkatkan lagi, perkembangan industri keuangan syariah harus dibarengi dengan adanya sosialisasi yang berkesinambungan. ’’Bagaimana dari pemerintah dan lembaga keuangan bisa melakukan promosi yang efektif dan tidak terlalu mahal untuk menyampaikan edukasi pada masyarakat mengenai ekonomi syariah ini,” kata Ketua STEI Tazkia ini.

Dengan segala keunggulan dari perekonomian syariah, mari kita ikut mendukungnya.

<a href=”http://

iB Blogger Competition

“>Aku

5 thoughts on “Meski Non Muslim, Lebih Nyaman Ikut Tabungan Syariah

Tinggalkan Balasan

