Main ke Batu, Malang memang nggak ada bosannya. EdoMita selalu nagih kalau hampir sebulan nggak main ke kota apel itu. Bahkan sering bermalam di sana. *syarat dan ketentuan berlaku (kalo emaknya pas punya duit, loh ya)*
Ada beberapa penginapan yang pernah kami coba, mulai kelas melati sampai yang bintang. Eh, nggak bintang-bintang banget sih. Paling banter bintang 4.
Pemilihan penginapan biasanya berdasarkan ada tidaknya kolam renang dan taman. Biar mereka puas main, emaknya leyeh-leyeh. Hehe…
Berikut review sedikit tentang beberapa penginapan-penginapan itu. (versi saya dan urutan nggak berdasarkan penilaian).

Hotel Asida

Sudah dua kali, saya ajak Edo ke Hotel Asida pada 2009 dan 2014. Kalau Mita baru sekali, ya pas 2014 itu. Untuk mencari lokasi hotel ini sangat mudah, di Jl Panglima Sudirman No 69. Ancer-ancernya, kalau dari Alun-Alun Batu ke arah Pemandian Songgoriti, sebelah kiri jalan.

Lokasi strategis
Lokasi strategis

Kondisi kamarnya sederhana tapi bersih. Dua kali nginep di hotel itu, kami dapat kamar di lantai 1 untuk kapasitas 3 orang. Cukup luas, dengan ruang tamu di bagian depan. Makin asyik lagi, kamarnya menghadap ke taman.
Dasar EdoMita, begitu sampai hotel, mereka langsung lompat ke taman untuk main ayunan dan serodotan. Tapi, sayang, ada mainan yang rusak. Meski gitu, mereka asyik-asyik aja kok. Hehe…Paginya, anak-anak udah ngerengek minta berenang. Padahal, udara di luar adeeem. Ya sudahlah, akhirnya ikut nyebur juga sama anak-anak.
Kolamnya ada yang untuk anak-anak dan dewasa. Airnya jernih, kolamnya bersih. Kamar mandi untuk bilasnya juga terawat.

Nahan Dingin
Nahan Dingin

Habis berenang, perut laper, waktunya sarapan. Eh, makanannya dianter ke kamar. Menunya nasi goreng merah plus telur ceplok dengan teh manis hangat. Bisa pilih kopi hangat juga sih. Perlu dicatet, dua kali nginep di sana, menunya sama. Hahaha…Tapi, karena udara dingin, perut laper, makan apa aja pasti nikmat deh.
Soal tarifnya, lumayan terjangkau, antara Rp 350 ribu sampai Rp 800 ribuan.

Notes: sumber foto fasad Hotel Asida: Batushining.com

Iklan