Tak bisa dipungkiri kalau Jawa Tengah terkenal sebagai pusat budaya dan pariwisata utama di Indonesia. Peninggalan leluhur, kehidupan sosial, adat istiadat, serta kekayaan alamnya terus terjaga keindahannya.
    Ya, potensi alam Jawa Tengah patut diacungi jempol. Banyak spot alamnya yang wajib dikunjungi. Salah satunya kawasan Dieng di Wonosobo dengan Bukit Sikunir-nya. Banyak orang berdatangan menantikan keindahan matahari terbit di atas bukit ini. Tampak langit berurai warna keemasan sebelum mentari menampakkan diri. Dari lokasi bukit, jika langit cerah, akan terlihat Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, dan Gunung Merapi.
    Sebagai dataran di pegunungan vulkanis aktif, banyak ditemukan kawah tersebar di Dieng Plateau. Kawah tersebut kebanyakan masih aktif dan dijadikan tempat wisata. Di antaranya, Kawah Sikidang, Kawah Candradimuka, dan Kawah Sileri.
    Di Dieng, Anda bisa juga melihat telaga warna yang memesona. Air di telaga ini terkadang berwarna hijau dan kuning atau berwarna warni seperti pelangi.

Sumber: triphemat.com
Sumber: triphemat.com

Tak ketinggalan, kunjungi Kompleks Candi Arjuna, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara. Di kompleks seluas 1 ha itu terdapat Candi Arjuna, Semar, Srikandi, Puntadewa, Sembadra, dan Setyaki yang ditemukan pada abad ke-18 oleh tentara Belanda, Theodore van Elf, dan kini menjadi salah satu lokasi perayaan Galungan.
    Masih pengen yang sejuk-sejuk? Komplek Baturraden Purwokerto bisa dilirik. Terletak di lereng bagian Selatan Gunung Slamet diketinggian + 640 mdpl. Sebagai salah satu kawasan wisata terbesar di propinsi Jawa Tengah, Baturaden memiliki banyak obyek wisata yang menarik dikunjungi, seperti, Lokawisata, Wanawisata, Rimba Petualangan/Baturraden Adventure Forest, Kebun Raya dengan beragam koleksi tanaman. Cocok untuk wisata edukasi juga untuk anak-anak.
    Cobalah juga sensasi berendam di Pancuran telu dan Pancuran pitu yang merupakan pemandian air panas yang keluar dari Gunung Slamet. Airnya dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit.
    Baturaden memiliki banyak jasa akomodasi dengan fasilitas yang sangat memadai seperti rumah makan, penginapan, transportasi lokal dan lainnya untuk memenuhi berbagai kebutuhan tiap wisatawan baik yang dari nusantara atapun mancanegara.
    Wisata alam yang tidak ada duanya bisa ditengok di Air Terjun Gerojogan Sewu, Tawang Mangu. Lokasinya terletak di Kabupaten Karang Anyar. Untuk sampai ke lokasi air terjun butuh banyak perjuangan. Jaraknya cukup jauh sih, dari pintu masuk dan jalannya menurun. Tapi, puas setelah mendapati air tejun yang sangat eksotis itu.

Foto0060
    Kalau wisata pantai yang Anda idamkan, Jawa Tengah punya Karimunjawa. Pesonanya sudah moncer hingga seluruh dunia. Pesona pantainya yang indah dan tenang, serta pemandangan bawah airnya yang bikin dahsyat, membuat Karimunjawa jadi ikon wisata alam Jawa Tengah.
    Jadi, kalau ke Karimunjawa, harus coba aktivitas snorkling dan diving. Untuk mencapai pulau itu, Anda bisa naik kapal ferry atau kapal cepat dari Jepara-Karimunjawa atau Semarang-Karimunjawa. Tapi, sebaiknya Anda melihat dengan cermat jadwal kapalnya supaya perjalanan wisata tetap lancar.

sumber indonesia-tourism
sumber indonesia-tourism

    Masih ada pantai lainnya? Yuk, coba kunjungi Pantai Bandengan. Pasir putihnya yang lembut, membuat pantai ini jadi idola baru di kawasan Jepara. Di pantai ini, pengunjung bisa mencoba permainan air, seperti, kano, banana boat, dan jet ski. Pemandangan saat sunset-nya cantik banget.

    Mengunjungi Jawa Tengah sangat mudah, kok. Kalau privinsi tetangga, Jawa Timur atau Jawa Barat bisa naik kereta atau kendaraan pribadi. Kalau dari luar pulau atau luar negeri, bisa melalui dua bandara udara, yaitu Semarang (Bandara Ahmad Yani) dan Kota Solo (Bandara Adi Soemarmo). Kedua bandara tersebut bahkan telah memiliki layanan penerbangan langsung dari Singapura dan Kuala Lumpur.
Jadi, tunggu apa lagi? Ayo wisata alam ke Jawa Tengah.

1 Banner Jan-Feb 2015
Lomba Blog Visit Jawa Tengah

Iklan