Suka Banget (Di) baca (in) Buku

Setelah membaca buku Read Aloud Handbook, aku jadi makin bersemangat untuk membacakan cerita dalam buku pada anak-anak. Ada beberapa buku yang akhir-akhir ini diminta Mita untuk dibacakan. Salah satunya serial Franklin terbitan kanisius media
Kalau udah dibacain serial Franklin, siap-siap aja ibunya meneguk air putih banyak-banyak. Soalnya, Mita nggak mau berhenti dibacain buku. Sekali baca, bisa sampai 3-4 buku. Hadeeeh…
Pernah nih, saking capeknya, ibunya sampai setengah tidur di tengah-tengah bercerita.
Baru sadar, ketika Mita protes sambil teriak-teriak bilang kalau itu Bear, bukan Beaver. Haduuuuh…

Biasanya sih, aku membacakan cerita untuk Edo, Mita, plus sepupu mereka, Descha. Sekalian soalnya. Tapi, kadang, Edo ogah ikutan dengerin karena Mita suka nanya-nanya kalau dibacain ceritanya. Bahkan, pertanyaan Mita suka out of topic. Hahaha…
Misalnya nih, ….kemudian Franklin menemui teman-temannya di taman dan memberitahukan kontes itu….. Eh, Mita malah bilang, ”Ibu, Franklin pergi sendirian ya? Nggak sama mama papanya?” haiyaaah…..Itu bikin Edo gak sabar. Hahaha….

Akhirnya, sekarang, Edo mau diceritain buku, tapi tanpa Mita. Hehe…Tapi, Edo lebih demen baca sendiri buku-buku ensiklopedia, seperti percobaan-percobaan sederhana, angkasa, dan tempat-tempat terkenal.

Ada beberapa buku menarik yang aku tawarkan ke Edo. Terbitan Grolier dan terbitan Tiga Raksa. Biasanya ditambah dengan majalah-majalah.

Banyak hal aku pelajari melalui membacakan cerita pada anak. Mereka banyak mendapatkan kosakata baru. Kemudian, meningkatkan daya ingat dan yang paling penting, aku jadi lebih mudah mengontrol emosi. Soalnya, energinya udah kepake buat bacain buku itu. hahaha….

Kalau biasanya, orang tua membacakan buku pada anak sebelum tidur malam, aku beda lagi. Aku bekerja di media sehingga jam kerjanya mulai siang samapai malam. Karena itu, aku membacakan cerita untuk anak-anak biasanya pagi atau siang hari sebelum berangkat kerja.

Memang belum maksimal, tapi, semoga aktivitas itu adalah yang terbaik untuk Edo dan Mita. Ya, cuma baca

# I Love to Read

Iklan