Edo Masuk SD

Sebelum memutuskan untuk masuk SD, ada banyak kebimbangan yang menggelayuti pikiranku dan suami. Kami sempat bingung memilih sekolah. Apakah Edo akan disekolahkan secara formal atau homescholing mandiri.
Selama ini kami sering melihat keburukan kurikulum sekolah formal. Misalnya nih, anak SD kelas 1 udah dituntut untuk membaca dan menulis. Jangankan anak SD, TK aja udah diajarkan membaca, menulis, dan berhitung. (Astaga.tepok jidat).
Jadwal yang padat, sampai-sampai bikin anak stres. Anak jadi kehilangan masa bermainnya. Anak jadi nggak kreatif karena hari-harinya diisi cuma belajar belajar belajar mata pelajaran yang diajarkan di sekolah.
Belum lagi, pelajarannya cuma menghapal menghapal tanpa ada pemahaman secara menyeluruh.
Trus, sistem nilai serta ranking yang bikin anak fokus pada hasil, bukan pada proses. Masa sih, nilai dan peringkat kelas dilihat dari hasil ulangan selama beberapa hari aja. Menurut kami itu nggak fair dong.
Nggak cuma itu keburukannya. Kami mempertimbangkan pengaruh teman-teman di sekolah yang nggak semuanya baik.

Semua itu jadi pertimbangan kami.
Tapi, akhirnya, kami memasukkan Edo ke sekolah formal juga. Kami merasa nggak pede menjadi pendamping Edo selama melakukan kegiatan homeschooling.
Kami juga takut gagal dalam mendidik Edo kelak. Ya, kami masih percaya sekolah formal.
Namun, kami nggak memaksakan Edo. Kalau memang di sekolahnya yang baru itu membuat Edo nggak nyaman atau sistem pendidikannya sudah melenceng, ya kami harus menerapkan homescholing mandiri untuk anak kami.
Kami juga nggak memaksa untuk belajar. Supaya seimbang, Edo tetap membaca majalah, buku-buku kesukaannya. Nggak harus buku pelajaran. Juga, Edo ikut les piano sesuai dengan minatnya. Satu lagi, karena Edo suka banget ngoceh-ngoceh dalam bahasa inggris, kami ikutkan dia ke kelompok bhs inggris di deket rumah.

Ah Edo, bapak dan ibu juga ikut belajar nih. Belajar banyak dari anak-anaknya. Hehehe

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s